Sabtu, 21 September 2013

Untuk melakukan simulasi penggunaan arduino pada komputer , ada beberapa aplikasi yang harus ada pada komputer anda , yaitu aplikasi arduino dan aplikasi proteus .

Berikut ini akan di jelaskan cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan simulasi penggunaan arduino pada komputer .

Kali ini kita akan membuat simulasi suatu project lampu LED berkedip dengan delay waktu selama 1 detik menggunakan aplikasi PROTEUS .


  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke aplikasi arduino dan aplikasi proteus. .
aplikasi arduino

aplikasi proteus

  • Setelah itu gambar lah rangkaian schematic lampu LED berkedip tersebut pada aplikasi proteus .(Gambar di bawah ini merupakan rangkaian schematic dari lampu LED berkedip dengan delay waktu 1 detik) !


  • Kemudian buka aplikasi arduino , lalu tulis sintaks program di bawah ini pada arduino .


  • Simpan program dengan menekan tombol save , kemudian tuliskan nama file seperti menyimpan file biasanya .(perhatikan kedua gambar di bawah ini) !



  • Kemudian lakukan kompilasi program yang telah dituliskan untuk mengecek kesalahan penulisan sintaks .

  • Setelah proses kompilasi selesai , scroll down hasil kompilasi hingga barisa nomor dua dari bawah , kemudian copy tulisan tersebut (lihat gambar di bawah ini) !

  • Kemudian buka kembali aplikasi proteus yang telah dijalankan tadi . Klik komponen arduino pada rangkaian schematic tersebut (akan muncul tampilan edit komponen) . Lalu PASTE tulisan yang telah di COPY tadi pada bagian program file dari tampilan edit komponen tersebut .(perhatikan gambar dibawah ini) !

  • Kemudian main/jalankan simulasi project yang telah anda buat dengan mengklik tombol play.



Setelah semua langkah telah dijalankan dengan benar , lihatlah simulasi project yang telah anda buat dengan mengkilik tombol play , lampu LED akan hidup dan mati secara bergantian dengan delay waktu selama 1 detik sesuai dengan pemrograman arduino yang telah anda buat pada aplikasi arduino tersebut .

SELAMAT MENCOBA !!!





1 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!