Kamis, 17 Oktober 2013

Tujuan :
  1. Mampu membuat program untuk penggunaan fitur interupsi eksternal .
  2. Memahami perbedaan mode interupsi eksternal (falling , rising , any change) .

Peralatan :
  1. Komputer                  : 1 set
  2. Arduino UNO           : 1 pcs
  3. Project Board            : 1 pcs
  4. Kabel Jumper            : 1 pcs
  5. Switch pushbutton      : 2 pcs
  6. LCD                          : 1 pcs
  7. Potensiometer 10k     : 1 pcs

Percobaan :

4.1 Interupsi eksternal dengan mode falling

          Pada percobaan kali ini akan dibuat program untuk memahami penggunaan interupsi eksternal dengan mode falling . Dua buah swicth akan dihubungkan pada pin interupsi eksternal 0 (INT0) dan interupsi esternal 1 (INT1) . Penekanan switch akan menginterupsi program utama (yang berada pada fungsi loop) dan memaksa untuk menjalankan rutin interupsi yang telah dideskripsikan pada program .

Prosedur :

  • rangkailah rangkaian pada gambar 4.1


  • tuliskan sintaks program berikut ini , kemudian lakukan kompilasi dan upload program ke sistem minimum arduino .


Tugas dan pertanyaan :

  1. Biarkan program berjalan sehingga pada LCD nilai count loop increment sampai di atas 5.Kemudian tekan salah satu switch yang terhubung pada INT0 atau INT1 selama 5 detik kemudian lepaskan. Amati teks yang ditampilkan pada LCD.Apakah yang akan terjadi jika switch ditekan ? Apakah yang akan terjadi jika switch di lepas ?
  2. Jelaskan pada saat kapan terjadinya proses interupsi !




4.2 Interupsi eksternal dengan mode Rising

          Dua buah switch akan dihubungkan pada pin INT0 atau INT1 sama seperti percobaan 4.1 . Penekanan switch akan menginterupsi program utama (yang berada pada fungsi loop) dan memaksa untuk menjalankan rutin interupsi yang telah dideskripsikan pada program. Pada percobaan metode interupsi yang digunakan adalah rising .

Prosedur :
  • gantilah sintaks program pada percobaan 4.2 denga sintaks program beriktu ini , kemudian lakukan kompilasi dan upload program ke sistem minimum arduino .



Tugas dan pertanyaan :
  1. Biarkan program berjalan sehingga pada LCD nilai count loop increment sampai diatas 5.Kemudian tekan salah satu switch yan terhubung pada INT0 atau INT1 selam 5 detik kemudian lepaskan. Amati teks yang ditampilkan pada LCD.Apakah yang akan terjadi jika switch ditekan ? Apakah yang akan terjadi jika switch di lepas ?
  2. Jelaskan pada saat kapan terjadinya proses interupsi ?
  3. Kapankah interupsi mode falling terjadi ? kapankah interupsi mode rising terjadi ? jelaskan !





4.3 Interupsi eksternal dengan mode any change

          Pada percobaan mode interupsi yang digunakan adalah any change . Dua buah switch akan dihubungkan pada pin INT0 dan INT1. Penekanan swicth akan membuat program utama pada fungsi loop terhenti dan mengeksekusi rutin interupsi .

Prosedur :
  • gantilah sintaks program pad percobaan 4.2 dengan sintaks program di bawah ini , kemudian lakukan kompilasi dan upload program ke sistem minimum arduino .



Tugas dan pertanyaan :
  1. Biarkan program berjalan sehingga pada LCD nilai count loop increment sampai diatas 5 . Kemudian tekan salah satu switch yang terhubung  pada INT0 atau INT1 selama 5 detik dan kemudian lepaskan. Amati teks yang ditampilkan pada LCD. Apakah yang akan terjadi jika switch ditekan ? Apakah yang akan terjadi jika switch dilepas ?
  2. Jelaskan pada saat kapan terjdainya proses interupsi ?
  3. Kapankah interupsi mode any change terjadi ? jelaskan !


0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!